“SESAT” UNTUK JOGJAROCKARTA 2020

Sebuah lagu berjudul “Sesat” yang sangat jarang dibawakan di atas panggung, akhirnya diputuskan dipilih untuk melengkapi songlist God Bless dalam rangka persiapan tampil di pentas JogjaRockarta yang akan berlangsung pada 1 Maret 2020 di Stadion Kridosono, Jogjakarta.

God Bless di Jogjarockarta 2020

“Sesat” terdapat pada album pertama. Aslinya merupakan lagu dari film drama musikal “Laila Majnun” dimana Achmad Albar tampil sebagai pemeran utama berpasangan dengan Rini S Bono. Karya ini ditulis oleh bassis Donny Fattah dengan sutradara Sjuman Jaya yang juga menulis “Huma Di Atas Bukit” untuk film yang sama. Untuk kepentingan album pertama God Bless, “Sesat” kemudian diaransemen ulang sehingga warna musiknya menjadi sangat kental dengan nuansa hard rock, genre yang tengah naik daun di paruh tahun ‘70an.

Kini aransemen lagu tersebut kembali dirombak dengan nafas progresif rock. Terdengar lebih garang sekaligus lebih kekinian. Perubahan besar terjadi pada permainan drum dan raungan gitar yang lebih enerjik.

“Laila Majnun” versi Sjuman Jaya diadaptasi dari “Romeo & Juliet” karangan Shakespeare. Namun “Romeo & Juliet” sendiri diyakini merupakan adaptasi dari “Laila Majnun” versi asli yang ditulis oleh pujangga asal Persia (kini Iran) pada abad 9, dan menjadi sangat popular ke seluruh dunia setelah ditulis ulang oleh pujangga abad ke-12 bernama Nizami Ganjav. Nama Majnun diberikan kepada Qays, pemuda yang begitu tergila-gilanya kepada Laila. Seperti Romeo dan Juliet, kisah cinta Laila dan Majnun berakhir tragis.

Album pertama God Bless dirilis pertama kali pada tahun 1975, atau 45 tahun yang lalu. Untuk merayakan perjalanan karir yang cukup panjang ini, beberapa materi dari album itu akan dibawakan dalam Jogjarockarta 2020. Salah satunya adalah “Sesat” yang sekaligus didedikasikan kepada almarhum Sjuman Jaya sebagai salah seorang tokoh perfilman Indonesia modern.

Salam musik Indonesia! (DMR)